widgets

Wednesday, October 15, 2014

Kesibukan Guru di Akhir Tahun

Kesibukan Guru terutama PNS sangat luar biasa. Beberapa tugas utama yang harus dilakukan yakni merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Dalam perencanaan yang harus disiapkan guru antara lain: Prota, Prosem, RPP, Silabus dll. Dalam pelaksanaan implementasi K13 wah cukup luarbiasa, untuk melaksanakan 5M masih banyak kendala terutama waktu. Sedangkan dalam penilaian cukup membuat guru tertegun alias "mblenger". Untuk penilaian sikap saja guru sudah direpot dengan banyaknya instrumen yang harus dipersiapkan. Belum lagi nilai pengetahuan dan keterampilan yang cukup membuat "puyeng" kepala para guru. Namun suka atau tidak jika masih ingin menjadi guru semua itu harus dilakukan. Jadi untuk membuat nilai raport hingga menulisnya hemmmmmmmm di sini cara mudahnya.

Kedua guru juga dituntut dengan Penilaian Kinerja Guru (PKG). Khusus yang menggunakan periode 1 Januari 2014 s.d 31 Desember 2014 harus mempersiapkan diri untuk PKG. Perangkat guru semua harus dipersiapkan dengan baik. Selain itu guru harus siap dinilai seniornya untuk mendapatkan nilai PKG pertahunnya. Namun cukup mengagetkan ketika penilaian belum dilakukan tapi nilai PKG di dapodik sudah ada. Alhamdulillah nilai PKG yang dikirim didapodik rata-rata Sangat Baik semua. Jika ini benar semoga siswa siswi tahun depan kualitasnya benar-benar meningkat. Semoga ini semua bukan formalitas.

Ketiga guru akan dinilai prestasi kerjanya yankni dengan SKP. Hal ini akan terganjal manakala guru belum punya nilai PKG, karena dalam SKP salah satunya diambil dari nilai PKGnya. Jadi yang harus dipersiapkan guru saat ini 3 hal pokok: Raport K13, PKG, dan SKP

No comments:

Post a Comment

Terimakasih, Semoga bermanfaat untuk orang banyak...